Featured Post

Rambu-Rambu Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3)

Rambu-Rambu Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA ( K3 ) DI BIDANG INDUSTRI A. Definisi Kese...

Saturday, January 31, 2015

Alat pemeriksa penyiku



ALAT PEMERIKSA PENYIKU

Penyiku

Setiap sudut memiliki penyiku dan pelurus. Apa itu penyiku dan pelurus?

Seperti telah dijelaskan dalam penjelasan awal sudut, ada sudut lancip, siku-siku, lurus,tumpul, dan refleks. Tipe sudut yang besarnya selalu tetap adalah sudut siku-siku dansudut lurus. Selain besarnya yang selalu tetap, kedua tipe sudut ini memilikikeistimewaan yang lain.

Sudut siku-siku akan menjadi dasar dalam mempelajari pitagoras dan trigonometri.Sedangkan sudut lurus akan membantu kita dalam menentukan sudut-sudut lainnyadari sebuah bangun.

Ditinjau dari makna kata, penyiku artinya pembuat siku. Jika dibuat lebih rapih, penyikuadalah sesuatu yang membuat sebuah sudut menjadi sudut siku-siku. Sudut yangmemiliki penyiku hanya sudut lancip. Lihat gambar 1 sebagai ilustrasi penyiku. Jikadiungkapkan dengan kata-kata, besar penyiku sudut A adalah 90°Ã­A.

Pelurus artinya pembuat lurus atau pembuat sebuah sudut menjadi 180°. Dalam hal ini,tidak hanya sudut lancip yang memiliki pelurus. Sudut tumpul juga memilik pelurus.Perhatikan gambar 2 dan 3. Besar pelurus sudut A adalah 180°Ã­A. PenyikuPenyiku termasuk alat ukur dan juga alat gambar ini dapat di gunakan untuk :* Memeriksa / mengukur sudut* Menarik garis* Memeriksa kerataan suatu bidang

 

No comments:

Post a Comment