Featured Post

Rambu-Rambu Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3)

Rambu-Rambu Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA ( K3 ) DI BIDANG INDUSTRI A. Definisi Kese...

Saturday, January 31, 2015

Obeng dan fungsi



Obeng dan fungsi

Obeng
Obeng memilikisatuan set ukurandanbentuk, ada yang panjang, ada yang pendekadajuga yang di bantu olehalatpenggeraklistrik, untukpemeganggagangobengbiasnyaterbuatdari plastic, Obengbiasanya di gunakanuntukmemasangataumembukabaut yang biasanyaadapadakendaraan, barang-barang elektronikdan yang lain tetapibisajugaberfungsiuntukmencongkelsesuatu yang kira-kirasulitsekali di buka, Obengdalambahasainggrisnyascrewdriver adaduajenisumumnyadiantaranya:

Obeng min ( - ) screwdriver
Untukobeng min biasanyabentuknyapipihmakanyadisebutobeng min, yang manafungsinyauntukmembukabaut yang berbentuk min danbisajuga di gunakanuntukmencongkelsesuatu yang sulit di bukakarenabentuknya yang pipih. 


Obeng plus ( + ) screwdriver
Untuk obeng plus iniunikkarenabentuknyasepertikembang, danfungsinyauntukmelepasataumengencangkanbautatauskrup yang berbentuksepertikembang.
Saatinimungkinlebihbaguslagicarapengguaan obeng tersebutkarenasudahadaalat bantu listrikjaditidakperlumengeluarkantenagaterlalubanyak, yang sudahmengguankanalat modern sepertibiasanyabisa di temukan di bengkel sepeda motor resmiataubengkel yang sudahbesar. Kalountuk bengkel yang masihkecilmungkinmasihjarang yang menggunakanobeng yang menggunkanlistrik, dan di tempat service elektronikcukuphanyamenggunakanobengbiasasajakarenatidakterlaluberatdalampekerjaannya. Demikiansedikitartikelmengenaiobengatau screwdriver yang bisasayatulissemogabermanfaat.


Tespen
Tespenadalahsuatualatkelistrikan yang berbentukobengbiasanyabermata minus (-) berukurankecil, memilikijepitansepertihanyapulpendandidalamnyaterdapat led yang dapatmenyalasbgindikatorteganganlistrik. Tespenberfungsiuntukmengecekkeberadaanteganganlistrik.



PaludanFungsi


Hammer
Hammeradalahalatuntukmemukulpaku. Hammer adalahsalahsatualattertua yang pernahada di bumiini. Persamaan kata dari hammer adalahpalu, godam, martil. Hammer bisajugadikatakansebagaialatdarikayu yang dipukulkanpadamejauntukmenandaidibukaatauditutupnyasecararesmisuatupertemuansepertipadapersidangan di pengadilanatauacaraperesmiangedungataujugatempat-tempatpentinglainnya.
PALU KARET
PalukaretBerfungsiuntukmemukulbendadaribahanlunakataukerastanpamerusakkomponen yang dipukul.

PALU PLASTIK.
PaluplastikBerfungsiuntukmemukulbendadaribahanlunakataukerastanpamerusakkomponen yang dipukul

PALU TEMBAGA.
PalutembagaBerfungsiuntukmemukulbendadaribahanlogam yang kerastanpamerusakkomponen yang dipukul

PALU BESI.
PalubesiBerfungsiuntukmemukulbendadaribahanlogam yang kerasdibantudenganalatperantara.


Gergajidanfungsi
Coping Saw
Jenisgergaji coping saw dapatdigunakanuntukmemotongbentuk-bentukrumitpadabagian yang sempitpadatripleksdanpapan. Tampilangergajisepertihuruf ‘U’ mempermudahdalammemotongdalamlengkunganataulekukan. Mata gergaji coping saw kecil, tipis, dantajam, sertadapatdigantijikasudahtumpulataupatah.

Handsaw
Gergajipemotongdanpembelahbalokkayudisebut handsaw atau ripsaw. Mata gergajikayuiniterlihatbesarsepertipahat yang berfungsimengikisseratkayu. Gergajikayuinidirancanguntukmemotongkayudenganjalururatsearah. Mata gergajinyatidakdapatdiganti. Jikatumpul, harusdiasahdengankikirkhusus.

Crosscut Saw
Jenis crosscut saw digunakanuntukmemotongkayusecaramelintang. Gergajiinimempunyaigigipenyeimbang yang lebihkecil. Untukberbagaipekerjaan, paratukangbiasanyamenggunakan crosscut nomordelapan.

Backsaw
Gergajijenis backsaw yang berukurankecilsangattepatjikadipakaiuntukmembuatpotongan diagonal, sepertimembuatsambunganbingkaifotoataulemari.

Keyhole saw berukurankecildandidesainkhususuntukmemotong di bagian-bagian yang sempit.

Hacksaw
Hacksaw adalahgergajikhususpemotonglogam yang dapatdipakaimemotongplastikataupipakeras. Mata gergajinyahalusdanjarakmatagergajinya pun rapat. Bahannyaterbuatdaribesibajadan carbon steel. Jikamatagergajitelahtumpulharusdiganti.


KikirdanFungsi
Kikirgepeng {plat}
Kikirinibergunauntukmeratakanmembuatbidangsejajartegaklurus

Kikirpersegiempat {square}
Kikirinibergunauntukmembuat
bidang rata agar siku,  antarabidang yang satudengan yang lain

Kikirpersegitiga {triangle}
Kikirinibergunauntukmeratakansertamenghaluskanbidang yang berbentuksudut 60 derajat, ataulebihbesar (sering di gunakanuntukmengkikirmatagergaji)

Kikirpisau {knife}
Kikirinibergunauntukmenghalussuatusudut 60 derajat, ataulebihkecil

Kikirsetengahbulat {half round}
Kikirinibergunauntuk , menghaluskanataumeratakansuatubidangcekung

Kikirbulat {round}
Kikirbulatbergunauntukmenghaluskansertamenambah diameter  suatulubangbulat




Kunci pasdanFungsi
Kunci ring

Dengankontruksiduabelassudut ( mata ) mungkinbisadigunakanpadaruang tang terbatas, karenaposisidinding yang tipis, biasanyakunci ring di gunakanapabilakunci pas sudahtidakdapatdigunakanlagi.

KunciKombinasi

Kuncikombinasiiniadalahuntukmengisikekurangan yang adapadakunci pas danring.Hanyadengansatujeniskuncimampumembawaduamacamjeniskunciyaitukunci pas dankunci ring denganbentukukuran yang sama. Kunciinibergunasekaliuntukmenyetelpengikat (fastener)  posisiukuran yang samatapipadaposisiygberbeda.



Fungsikunci socket

Kunci socket biasanyaberbentuksilinderdanterbuatdaribahanbajatensiltinggiatausejenislogampaduanyaitu chrome vanadium danuntukmemperbaikipenampilannyadilapisidengannikel. Kunci socket memilikibentuk di ujungnyaberbentuksegiempat, dan di ujunglainnyamemilikidimensi hexagonal ( sepertikunci ring ) untukdigunakanpadamurataubaut. Kata lain untukkunci socket biasa orang bilangkuncisok, bentukdandesainnyadirancangkhususuntukmelepasdanmemasangbautdanmur. Di bengkel motor ataumobilkuncisokinibiasa di gunakanuntukmelepaskomponendarikendaraanbermotor. Kunciiniselalu pas sesuaidenganukuranbautdanngepresasalkansesuaidenganukurankuncinya.

FungsiKunciInggris
KunciInggrisadalahkunci yang digunakansecaraumum. KunciInggrisdapatdigunakanuntukmelepasataumenggantimurataubautdimanaukurankunci pas/ring yang sesuaitidakada. Tetapikunciinitidakditujukanuntukmenggantikankunci pas/ring, yang manalebihsesuaiuntukpenggunaanuntukbebanberat. KunciInggrissulitbenar-benarsesuaidenganukuranmurataubauttanpamembuatkepalanmurataubautmenjadibulat.

FungsiKunciRoda
Kuncirodadigunakanuntukmelepasdanmenggantimurrodapadakendaraanbermotor. Kuncirodaterbuatdaribatangbajadimanaujung-ujungnyamempunyaikepalasoketsegienam.

KunciBusi
Kuncibusidigunakanuntukmelepasdanmemasangbusi yang umumnyadipasangpadaposisisulitdijangkauolehkunci pas ataupunkunci ring. Di sampingitukuncibusidirancangkhususuntuktidakmendapatperlakuanmomenpengencangan yang terlalukuat, dengancaramendisaintangkai yang pendek.

No comments:

Post a Comment