Featured Post

Rambu-Rambu Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3)

Rambu-Rambu Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA ( K3 ) DI BIDANG INDUSTRI A. Definisi Kese...

Saturday, January 31, 2015

Berbagai Macam dan Jenis Tang



Berbagai Macam dan Jenis Tang

1. ) Tang Kombinasi ( Multigripplier )

Tang kombinasi digunakan untuk menahan , memutar dan memotong kabel, seperti konduktor kawat ( kabel ) . Penggunaan tang kombinasi tidak boleh memotong kabel dengan cara tang dipukul dengan palu , karena hal ini akan merusak palu . Ukurannya biasanya 6-7 inci . , Ukuran rahang dapat disesuaikan sesuai dengan objek yang akan dijepit . Hindari penggunaan tang kombinasi sebagai pengganti kunci pas untuk membuka atau mengencangkan sekrup .

2. ) Tang Potong

  

Tang jenis ini memiliki pisau di sisi dalamnya . Tang ini berfungsi untuk memotong kabel dan kawat . Jangan gunakan untuk memutuskan kawat terlalu keras .

3 ) Tang Lancip ( Tang Curut )




Untuk menjepit dan memotong kawat atau kabel , alat ini mampu mencapai celah yang sempit . Bisa juga digunakan untuk membuat mata sambungan . Biasanya tang lancip juga dilengkapi dengan pemotong kabel .


4 ) Tang Penjepit Spi ( circlipplier / Snap Ring )






Berfungsi untuk menarik bantal kecil dan sebagainya ,memasang atau melepas spi . Tang ini ada dua model yang dibedakan berdsarkan ujungnya yaitu lurus dan bengkok. 


5 ) Tang Jepit ( Tang Grip )



Dilengkapi dengan kunci untuk menjaga kekuatan jepitnya . Dengan cara ini , tang akan tetap ketat/menjepit meskipun genggaman dilepas , digunakan dengan cara memuntir pada ujung tangkainya . Fungsi dari tang ini untuk mengamankan baut dan mur . Ukuran tersedia dalam ukuran 8 inci , 10 dan 12 inci .


6 ) Tang Kabel ( Crimping Plier)



Untuk memotong dan mengupas isolator kabel . Selain itu, dapat digunakan untuk memasang terminal kabel .

7. ) Tang Pemegang






Tang ini dirancang khusus untuk menahan/memegang benda kerja . Tidak dilengkapi dengan bagian pemotong.

8. ) Tang Rivet



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEityXxXOGyCDbCFdxf-EPhh2LZ1oSFDM1UtN-pZzSbtgemusfczUDgJ47kiwk-iELJJbbIzxRm5KhiV9xa-_gWvhXsXdre-oGTeRwmqPsGqsJjMPdhgLhSiQZ1ebtEtLSVF-j-GU_uEiaDD/s1600/Tang+Rivet.jpg


Ada dua jenis : biasa dan fleksibel , kedua fungsinya sama yaitu untuk memasang paku keeling. Untuk yang Fleksibel dapat digunakan untuk bidang lurus dan sudut .



9. ) Tang Slip Joint
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjGOGN8_Miq4zuw0O1sbKJBNjHXRcGb8aGb1xjGzG1Y3iGjyCAiQd4oGhcJST5eznJ-5T3QcY4f3LDTlYgeFdCp1ZPwXuZuCoqIZaawFZTCUpzdjBafWYfpiRaQL9-BSLP3SFBI7BKRk15M/s1600/tang+slip+joint.jpg
Tang standar bawaan mobil dan sepeda motor . Dimana biasanya bonus ketika Anda menerima mobil / sepeda motor . Fungsi ini mirip dengan tang kombinasi , tapi lebih sederhana daripada tang kombinasi .

10. ) Tang KakakTua

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg2z1X6UPntyiC8euO-C4JtAusiP95889VXk2sMERjKdWDQDpFcrsHbYo6jdZ3O2ASuzlyo5-uqFMpiMNqpaf1LsvgBw86QYPWPh0Yc7p1lnuaA51KgX1oKtUZjW3z1QgGOXeH_jnEYkl9H/s1600/tang+kakatua.png

Tang ini khusus digunakan untuk memegang atau mencabut paku.

No comments:

Post a Comment